Kamis, 18 Maret 2010

3 Istri Presiden Zuma Habiskan Rp 19,2 Miliar

http://southernafrica.files.wordpress.com/2008/07/zuma1.jpg



Sungguh enak Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma. Kebutuhan ketiga istri dan 20 anaknya ditanggung negara. Padahal dalam setahun hanya untuk ketiga istrinya, Afsel mesti menganggarkan gung, 15,5 juta rand (Rp 19.2 miliar).

Kebutuhan istri-istri Zuma antara lain pelesir, pulsa ponsel, honor ajudan, selain keperluan sehari-hari lainnya.

Gaya hidup Zuma mendapat kritikan tajam setelah ia mengumumkan keuangan negara bulan lalu. Zuma dianggap tidak mencerminkan pemimpin yang memikirkan kepentingan rakyat.




http://www.cbc.ca/gfx/images/news/photos/2010/01/04/w-jacob-zuma-wives-cp-78902.jpg



Hal ini dibantah oleh Collins Chabane, seorang menterinya. Menurutnya, tiga istri Zuma, Sizakele Khumalo, Nompumelelo Ntuli dan Tobela Madiba, berhak atas pengeluaran itu karena mereka mendukung setiap kegiatan amal pemerintah Afsel.

“Negara memenuhi semua kebutuhan bagi para istri Presiden karena mereka aktif berkarier dan mendukung semua tugas kepresidenan,” jelas Chabane.

Sayangnya, tak ada rincian soal pengeluaran untuk anak-anak Zuma. Yang jelas mereka mendapat tunjangan hingga usia 27 tahun, dengan catatan mereka masih bersekolah dan belum menikah.

Soal pembayaran untuk kebutuhan Zuma dan keluarganya pernah mencuat sebelumnya. Tahun 2005, Schabir Shaik, seorang sahabatnya, divonis bersalah karena menyuap Zuma demi kelancaran bisnisnya.



http://www.independent.co.uk/multimedia/archive/00172/zuma_172401s.jpg



Suap itu berupa liburan mewah, pembayaran kesehatan bahkan pemenuhan kebutuhan anak-anak Zuma. Pengadilan memutuskan, keduanya saling mengambil keuntungan dari posisi masing-masing. nbbc/nyt/tis


sumber :http://www.surya.co.id/2010/03/18/tiga-istri-presiden-zuma-habiskan-rp-192-miliar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar